Senin, 16 Juli 2012

PENGANTAR PENGEMBANGAN KURIKULUM (Sebuah Pengantar Ringkas Mengenai Pengembangan Kurikulum)

Pengertian Kurikulum
1.    Lapangan pertandingan : Karena kurikulum itu punya awal "start" dan akhir "finish".
2.    Seperangkat mata pelajaran : Beberapa mata pelajaran yang harus dipelajari.
3.    Kurikulum sebagai rencana kegiatan :  Rencana kegiatan yang harus diajarkan kepada    anak didik.
4.    Hasil belajar : Terkait dengan hasil/apa yang dilakukan siswa, kurikulum yang menghasilkan kompetensi.
Kompetensi berupa pengetahuan dan keterampilan yang diterapkan dalam kehidupan nyata sesuai dengan UU Sistem Pendidikan Nasional NO. 20 Tahun 2003.
5.       Kurikulum  yang ialah semua pengalaman diperoleh siswa dari apa yang diberikan guru disekolah.

Landasan Pengembangan Kurikulum
1.      Filosofis
2.      Sosiologis : Berkaitan dengan masyarakat yang didalamnya terdapat norma-norma, nilai-nilai, dan adat istiadat.
3.      Psikologis
4.      Kultural : Berkaitan dengan nilai-nilai budaya.
5.      Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
a.    Bioteknologi
b.    Telekomunikasi
c.    Transportasi
d.   Teknologi industri
e.    Rekayasa genetika
f.     Elektronika
g.    Riset

Komponen Kurikulum
1.      Tujuan
a.      Menurut jenis
1)      Umum : Bisa diterima oleh semua pihak.
Contoh: Memanusiakan manusia
2)      Perantara : Tujuan yang harus dicapai untuk mendapatkan derajat.
3)      Antara : Dipersyaratkan untuk mencapai tujuan berikut.
4)      Insidental : Tiba-tiba.
5)      Tak lengkap : Tidak bisa dicapai dengan satu pelajaran saja.
b.      Hierarki
1)      Nasional
2)      Kompetensi : Harus disesuaikan dengan tingkat satuan pendidikan.
3)      Standar Kompetensi : Menurut bidang studinya.
4)      Kompetensi Dasar :  Tujuan yang mencakup satu pokok bahasan.
5)      Indikator : Pemahaman terhadap sub pokok bahasan.
2.      Organisasi
a.      Horizontal
1)      Kurikulum Terpisah-pisah
2)      Kurikulum Korelasi : Membahas suatu masalah secara berhubungan.
3)      Kurikulum Integrasi (Keterpaduan)
b.      Vertikal
1)      Sistem Kelas
2)      Tanpa Kelas
3)      Waktu
4)      Alokasi 
3.      Materi
a.       Berbentuk fakta
b.      Berbentuk konsep
c.       Berbentuk prinsip
d.      Berbentuk prosedur
e.       Berbentuk teori/dalil
Keseluruhan materi ini dapat berbentuk pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
4.      Evaluasi
a)      Sumatif
b)      Berbasis Kelas
c)      Portofolio
d)     Formatif

Prinsip Pengembangan Kurikulum
1.      Relevansi
·         Berkaitan dengan lingkungan hidup siswa
·         Tuntutan lapangan kerja
·         Tuntutan kehidupan sekarang dan masa depan
2.      Flexibel : Longgar, dinamis, dan tidak kaku.
3.      Kontinyu :  Berkelanjutan dan berkesinambungan.
4.      Efisien : Hemat, tujuan tidak tercapai.
5.      Efektif :  Mencapai sasaran.

Konsepsi Pengembangan Kurikulum
1.      Proses Kognitif
Mengacu pada kurikulum sebagai alat:
·         Pengembangan berfikir
·         Memecahkan masalah
·         Berfikir mandiri
2.      Teknologi : Untuk menerapkan teknologi dalam kurikulum dengan cara menggunakan alat/media, serta mengikuti prosedur dan model.
3.      Humanistik :  Bersifat kemanusiaan
4.      Rekonstruksi Sosial : Pembentukan struktur sosial kembali
Menghasilkan dua kelompok:
a)      Adaptif : Menyesuaikan diri dengan kehidupan dunia yang dinamis.
b)     Reformis : Mengubah yang tidak sesuai dengan dirinya menjadi yang diinginkan.
5.      Rasional Akademik : Pengetahuan itu merupakan warisan manusia di masa lalu dan sekarang itulah dikembangkan oleh manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar