Senin, 13 Februari 2012

DASAR-DASAR KOMUNIKASI (Sebuah Catatan Ringkas Mengenai Komunikasi)


Definisi Komunikasi
Menurut J. Shubert
            Comunication is sharing informations
            Comunication is sharing experience
Menurut Onong Uchjana Efendi
            Pernyataan antar manusia tentang pikiran dan perasaan melalui bahasan
Jadi dapat kita tarik kesimpulan bahwa komunikasi adalah suatu proses berbagi antar manusia baik itu berbagi informasi maupun pengalaman yang diungkapkan melalui bahasa.

Nilai-nilai yang terkandung dalam komunikasi
1.       Nilai akademis
Karena selalu jadi bahan kajian oleh setiap orang dalam mengembangkan dirinya.
2.      Nilai profesional
Setiap profesi memiliki gaya komunikasi yang berbeda-beda.
3.       Nilai personal
Membantu kita dalam memahami berbagai dinamika perilaku orang dan budaya.
4.     Nilai sosial

Tujuan komunikasi
            Secara umum untuk melakukan perubahan
1)      Merubah sikap: kecendrungan bertindak
2)      Merubah perilaku
3)       Merubah pendapat
4)       Merubah masyarakat


Proses komunikasi
1.       Perspektif psikologis: proses komunikasi ditinjau dari orang yang melakukan komunikasi
·         Komunikator sebagai encoding (memakai bahasa verbal)
·         Komunikan sebagai dekoding (non verbal)
2.       Perspektif mekanis: sistem penyampaian lambang
·         Primer: menggunakan lambang
·         Sekunder: dengan alat
·         Linear: titik penyampaian pesan adalah komunikator
·         Sirkular: dua arah

Fungsi komunikasi
1.       Menginformasikan
2.       Mendidik
3.       Menghibur
4.       Mempengaruhi 

Teknik komunikasi
1.       Memberi informasi
2.       Persuasif
3.       Coersif
4.       Hubungan manusiawi

Prinsip-prinsip komunikasi
1.       Arti: pemaknaan tentang sesuatu
a)      Meaning are in people
b)      Makna yang dipelajari
c)      Makna yang tak pernah pasti atau tetap
2.    Noise (hambatan)
a)      Komunikator/sumber
b)      Komunikan/penerima
c)      Saluran
d)     Pesan
3.     Konsep diri: pengamatan/pemahaman seseorang tentang dirinya yang menyangkut fisiknya, psikisnya, dan sosialnya.
4.      Empati: mengekpsresikan apa yang dirasakan oleh orang lain.
5.      Balikan: informasi yang diterima oleh komunikator, yang diterima tentang berhasil atau tidaknya pesan yang disampaikan kepada komunikan.
Selain prinsip diatas masih ada lagi prinsip lainnya sebagai berikut:
1.      Prediksi
2.      Komunikasi melibatkan persepsi: pendapat seseorang tentang sesuatu sesuai pengalaman dan latar belakangnya.
3.      Komunikasi bersifat irrevesible: suatu proses peristiwa yang tidak bisa diulang.
4.      Setiap perilaku manusia mempunyai prinsip/potensi komunikasi
5.      Mempunyai dimensi isi dan hubungan.

Faktor yang berpengaruh dalam komunikasi
1.      Komunikator
·         Kemampuan berkomunikasi
·         Kemampuan menulis
·         Sikap terhadap dirinya, pesan, dan komunikan
·         Tingkat pengetahuan
·         Posisi komunikator dalam sistem struktural
2.      Komunikan
3.      Pesan (isi, lambang yang dipakai dalam penyampaiannya)
4.      Saluran = media

Faktor penunjang komunikasi
1.      Komunikan
·         Waktu
·         Bahasa
·         Sikap dan nilai
·         Jenis kelompoknya
2.      Komunikator
·         Kehandalan, terpercaya, objektif, jujur, konsisten
·         Daya tarik meliputi fisik dan kesamaan

Fungsi dasar komunikasi
1.      Saling mengenal (courtship) dan perjodohan (mating)
2.      Reproduction (menambah keturunan)
3.      Parent off spring relations and socialization: hubungan antara didalam keluarga berbeda komunikasinya dengan orang lain.
4.      Navigation: komunikasi diperlukan dalam perjalanan.
5.      Self-defense (pertahanan diri)
6.      Territoriality (batas wilayah)

Fungsi komunikasi bagi kehidupan manusia
1.      Mengembangkan dan mempertahankan hubungan
2.      Pertukaran informasi
3.      Penciptaan solidaritas sosial
4.      Identifikasi: menentukan identitas seseorang atau objek yang ada disekitar kita.
5.      Hubungan sosial
·         Karena kebutuhan
·         Untuk kontrol
·         Untuk cinta dan kasih sayang
6.      Menghibur
7.      Persuasi
8.      Ekspresi 

Fungsi komunikasi massa
1.      Fungsi survey: memberitakan hasil-hasil penelitian kepada audience nya
2.      Korelasi: menghubungkan kita agar dapat menafsirkan peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Sosialisasi
4.      Hiburan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar